Senin, 01 Mei 2017

Tahapan-Tahapan Dalam Penggunaan Microsofost Power Point 2007



1. Aktifkan program Microsoft PowerPoint 2007.

2. Membuat Presentasi
Slide pertama presentasi biasanya berisi judul dan subjudul. Secara default, saat program Microsoft PowerPoint 2007 diaktifkan pada lembar kerja akan secara otomatis tampil kotak judul dan subjudul presentasi.
1.    Membuat dan Mengedit Teks
Untuk menambahkan teks pada desain slide, pilih Ribbon 
Insert. Pada group Text>klik Text Box, lalu ketikan teks yang diinginkan. Jika teks yang dituliskan tidak sesuai. Anda bisa mengeditnya dengan mengklik teks yang akan diedit.

2.    Menggunakan Outline
Outline adalah bagian dari aplikasi Microsoft Power Point 2007 yang terletak di sisi kiri lembar kerja. Cara menampilkan outline adalah dengan mengklik tab Outline yang terletak di bawah Ribbon. Pada outline akan ditampilkan objek atau teks yang menjadi bagian slide aktif. Anda juga bisa mengedit teks melalui outline dengan cara seleksi teks pada ourline baru kemudian mengedit teks

5. Membuat catatan
Anda dapat juga menambahkan catatan pada slide dengan mengklik area “Click to Add Notes” di bawah slide. Setelah itu ketikkan catatan slide yang akan ditambahkan.

6. Menyimpan File Presentasi
Cara menyimpan file presentasi sama seperti menyimpan file presentasi pada Microsoft Power Point versi sebelumnya dengan save tool pada Quick Access toolbar. Ketikkan nama file dan tujuan yang diinginkan. Pilih Power Point Presentation di bagian Save as Type, dan akhiri dengan mengklik Save.

7. Mengatur Desain Presentasi
Untuk mempercantik presentasi, anda bisa menambahkan desain yang menjadi bawaan dari aplikasi Microsoft Power Point 2007 melalui Ribbon Design. Ribbon itu memungkinkan anda untuk menambahkan desain latar belakang slide dengan mengaktifkan slide, lalu pilih Ribbon Design. Pada group Themes pilih salah satu desain slide. Untuk menampilkan semua pilihan desain, klik Slide yang akan dipilih akan ditampilkan pada halaman kanvas.

8. Mengatur Format teks
Format teks yang dimaksud di sini adalah seperti pengaturan ukuran, jenis font, warna teks dan sebagainya. Untuk mengatur format teks, seleksi teks dan gunakan Group Font dengan mengaktifkan Ribbon Home terlebih dahulu. Pilih salah satu icon untuk mengatur format teks.

a. Menggunakan Kotak Dialog Font
Anda bisa juga mengedit teks menggunakan kotak dialog Font dengan memilih Ribbon Home. Lanjutkan dengan menyorot Group Font, lalu klik anak panah di sudut kanan bawah.
b. Menggunakan Bullet and Numbering
Bullet and Numbering seriing digunakan untuk menuliskan poin-poin bahasan dalam presentasi. Untuk menambahkan Bullet atau Numbering, gunakan cara di bawah ini:
1. Seleksi bagian yang akan ditambah bullet atau numbering.
2. Pilih Ribbon Home> Bullet> atau Numbering pada Group Paragraph.
3. Pilih bentuk bullet atau numbering yang diinginkan.

9. Teknik Penggunaan Warna
Selain teknik pengaturan desain presentasi, teknik penggunaan warna (atau biasa disebut theme) juga mempengaruhi hasil akhir presentasi yang disajikan. Cara mengatur theme adalah dengan memilih Ribbon Design. Kemudian, pilih warna dengan mengklik Color pada Group Themes.

10. Mengubah Warna Background
Jika kurang menyukai warna Background theme, anda bisa mengubahnya melalui Ribbon Design dan memilih Background Style pada Group Background. Akan muncul berbagai warna Background, anda bisa juga mengubah style Background secara manual dengan memilih Format Background pada kotak Background Style. Pada pilihan itu, anda bisa mengatur style lebih detail. Warna yang bisa dipilih juga lebih bervariasi, misalnya warna gradasi, tekstur atau bahkan gambar.

11. Menggunakan Master Presentasi
Master Presentasi biasanya menjadi bagian dari template, termasuk di dalamnya teks, objek, theme, font, shapes dan sebagainya. Untuk membuat master presentasi, pilih Ribbon View. Pada group Presentase Views, pilih Slide Master, lalu  ketik teks yang diinginkan.

12. Bekerja dengan Tabel, Gambar, Video dan Sound
Dalam presentasi, penambahan tabelGambar, Video dan Sound akan memberikan nilai plus tersendiri

a. Bekerja dengan Tabel
Objek tabel sering digunakan dalam penyajian presentasi, yang biasanya dipakai dalam pembuatan laporan.
– Membuat tabel
Cara menambahkan objek tabel pada presentasi adalah dengan memilih RibbonInsert. Pada group Tables, pilih Tabble> Insert Table dan tentukan jumlah baris dan kolom. Kemudian masukkan data yang dibutuhkan.
–MengaturFormatTabel
Untuk memodifikasi tabel, aktifkan tabel dan pilih ribbon Layout. Lanjutkan dengan mengatur layout tabel yang diinginkan. Untuk mengetahui lebih jauh fungsi tool dari menu layout yang digunakan, baca keterangan berikut:
- Selecti: untuk menyeleksi bagian tabel yang diinginkan.
-  ViewGridlinesi: untuk menampilkan/menyembunyikan garis bantu Gridlines.
-  Delete:untuk menghapus bagian tabel yang diseleksi.
-  Insert Above:untuk menyisipkan baris ke atas.
-  Insert Bellow:untuk menyisipkan baris ke bawah.
-  Insert Left:untuk menyisipkan kolom ke kiri.
-  Insert Righ:untuk menyisipkan kolom ke kanan.
-  Merge Cells:untuk menggabungkan cell yang diseleksi.
-  Split Cells:untuk membagi sel menjadi beberapa bagian.
-  Table Row Height:untuk mengatur tinggi baris.
-  Table Column Widdth:untuk mengatur lebar kolom.
-  Distribute Rows Height:untuk menyamakan tinggi baris.
-  Distribute Rows Widht:untuk menyamakan lebar kolom.
-  Left:untuk meratakan teks ke sisi kiri sel.
-  Center:untuk meratakan teks ke sisi tengah sel.
-  Right:untuk meratakan teks ke sisi kanan sel.
-  Align Top:untuk meratakan teks ke bagian atas sel.
-  Center Vertically:untuk meratakan teks ke bagian tengah sel.
-  Align Bottom:untuk meratakan teks ke bagian bawah sel.
-  Text Direction:untuk memutar teks dengan sudut putaran tertentu.
-  Cells Margin:untk mengatur batas atas, kiri, kanan dan bawah teks pada sel.
 – Mengatur desain tabel
Anda juga dapat memanfaatkan Ribbon Design untuk memodifikasi tabel. Fungsi tool dari Ribbon Design sebagai berikut:
- Header Row:untuk menambahkan arsiran pada baris pertama tabel.
- Total Row:untuk menambahkan arsiran pada baris terakhir tabel.
-  Banded Row:untuk menambahkan variasi arsiran berbeda pada baris tabel.
-  First Column:untuk menambahkan arsiran pada kolom pertama tabel.
-  Last Column:untuk menambahkan arsiran pada kolom terakhir tabel.
-  Banded Row:untuk menambahkan variasi arsiran berbeda pada kolom tabel.
-  Tables styles:untuk mengubah style tabel.
-  Shading:untuk menambahkan arsiran warna bagian tabel.
-  Outside Border:untuk menambahkan garis border tabel.
-  Effect:untuk menambahkan efek emboss/bevel pada sel tabel.
-  Quick Style:untuk menambahkan variasi word art pada teks tabel.
-  Teks Fill:untuk menambahkan variasi warna teks.
-  Text Outline:untuk menambahkan variasi garis luar teks.
-  Text Effect:untuk menambahkanvariasi effect teks.
-  Pen Style:untuk mengubah style garis tabel.
-  Pen Weight:untuk mengubah tebal garis tabel.
-  Pen color:untuk mengubah warna garis tabel.
-  Draw table:untuk mengaktifkan pen tabel.
-  Eraser:untuk menghapus format tabel.

0 komentar:

Posting Komentar